Thursday 28 February 2013

PEMANFAATAN LAHAN SUB OPTIMAL



PEMANFAATAN  LAHAN SUB OPTIMAL
DALAM MENDUKUNG PRODUKTIVITAS PANGAN TANAH AIR
*) Julkhaidar Romadhon
WIB : EDISI 5/XXXX/2012
Upaya peningkatan produktivitas pangan perlu didukung dengan ketersediaan lahan
 yang harus tetap memadai.


PENDAHULUAN
Indonesia merupakan salah satu negara yang menandatangani Kesepakatan pangan di Roma yang bertajuk “Rome Declaration on World Food Security and world food summit 1994” yang juga ditandatangani oleh 112 kepala negara atau pejabat tinggi dari 186 negara peserta.  Inti pertemuan ini berisikan pemberian penekanan pada human right to adequate food (hak atas pemenuhan kebutuhan pangan secara cukup) dan perlunya aksi bersama antar negara untuk mengurangi kelaparan.
Kelaparan merupakan musuh bersama semua negara di dunia ini termasuk Indonesia. Gejala-gejala kelaparan tersebut seolah-olah akan menjadi kenyataan di negeri kita ini. Hal ini terlihat dari ketergantungan pangan kita dari luar negeri alias impor yang dicerminkan lewat neraca perdagangan pertanian. Neraca perdagangan pertanian Indonesia secara agregasi selalu surplus, walau terdapat ketidakseimbangan kontribusi antar subsektor yang mendongkrak kinerja sektor tersebut.
Surplus terjadi karena dukungan membaiknya kinerja sub sektor perkebunan terutama kelapa sawit, akan tetapi di sub sektor tanaman pangan, hortikultura, dan perternakan masih mengalami defisit dengan masih diimpornya beberapa produk utamanya dengan nilai yang cukup signifikan.  Dibukanya kran impor pada saat produk domestik melimpah berimplikasi pada menurunnya pendapatan petani sekaligus melemahkan spirit menuju ketahanan pangan.
Upaya peningkatan produktivitas pangan perlu didukung dengan ketersediaan lahan yang harus tetap memadai di tengah banyaknya lahan tanaman pangan produktif beralih fungsi menjadi areal komoditi perkebunan dan kegiatan non pertanian.  Jumlah petani gurem dengan penguasaan lahan, baik milik sendiri atau menyewa, yang luasnya kurang dari 0,5 hektar cenderung meningkat.  Terjadi kesenjangan antara petani pangan yang lahannya cenderung menyempit dan terpecah dengan petani atau pengusaha di sub sektor pekebun memiliki lahan yang luas.  Keterbatasan modal dan akses pasar dengan posisi tawar yang lemah bahkan terjerat dengan sistem ijon pada petani pangan gurem berimpilikasi kepada rendahnya penggunaan input produksi, modal, produktivitas usahatani pangan dan kesejahteraan petani.
KINERJA  SUBSEKTOR PANGAN TANAH AIR
Menurut data BPS, pertumbuhan luas panen komoditas utama tanaman pangan dari tahun 1968-2011 untuk padi 1,21%, jagung 1,99% dan kedelai 0,93% ini menunjukkan bahwa selama 43 tahun rata-rata pertumbuhan luas panen hanya berkisar 1-2% saja. Sedangkan pertumbuhan produktivitas komoditas utama tanaman pangan dari tahun 1968-2011, untuk padi 2,38%, jagung 3,68% dan kedelai 1,89%. Ini menunjukkan juga bahwa selama 43 tahun rata-rata pertumbuhan produktivitas hanya 2-3% saja.
Sedangkan sasaran produksi yang ditargetkan pemerintah dari tahun 2012-2014, yaitu pada tahun 2012 untuk padi  67,8 jt ton, jagung 24 jt ton dan kedelai 1.9 jt ton. Tahun 2013 untuk padi 72 jt ton, jagung 26 jt ton, dan kedelai 2.25 jt ton dan tahun 2014, untuk padi 76,5 jt ton, jagung 29 jt ton dan kedelai 2,7 jt ton. Jika target pada tahun 2012 tercapai, maka tambahan produksi untuk tahun 2014 maka untuk padi 8,7 jt ton GKG, jagung 5 jt ton PK (pipilan kering) dan kedelai 0,85 jt ton.
Target tersebut sangatlah berat mengingat pertambahan laju penduduk yang sangat cepat serta beragamnya tantangan pada subsektor tanaman pangan ini terutama padi. Tantangan tersebut antara lain yaitu luas lahan yang semakin berkurang, kompetisi dengan sektor lain (tenaga kerja), produksi tanaman padi yang melandai, kebutuhan pangan yang meningkat dan ketergantungan terhadap pangan utama yaitu padi yang hampir 90%.
PEMANFAATAN LAHAN SUB OPTIMAL
Pemerintah telah memprogramkan ekstensifikasi pertanian pangan yang dilakukan pada lahan sub optimal (LSO) yang terlantar, tidak produktif dan marjinal. Pengelolaan agribisnis pada lahan tersebut harus menyeimbangkan antara kemandirian pangan, peningkatan taraf hidup petani dan pelestarian lingkungan yang rendah emisi. Perluasan tanaman pangan dapat merupakan momentum reformasi agraria dengan mendistribusikan lahan kepada petani kecil dengan pengelolaan sistem korporasi yang berkeadilan bagi para pihak yang ikut sebagai mitra usaha, layaknya seperti sistem pengelolaan agribisnis tanaman pangan di negara-negara maju.
Menurut data yang dimiliki Kementerian Riset dan Teknologi, Lahan sub optimal atau lahan marginal/ lahan tidak subur berpotensi untuk dioptimalkan. Secara nasional lahannya sangat luas termasuk didalamnya lahan rawa dan lahan kering. Untuk lahan rawa saja sekitar 33,4 juta hektar mulai dari Sumatera, Kalimantan, sulawesi dan daerah Papua. Dari total lahan sebanyak 58 juta hektar hanya sekitar 18 persen  pertanian Indonesia yang tergolong subur dan dioptimalkan, selebihnya merupakan lahan sub optimal dengan kendala agronomis beragam. Sedangkan teknologi budidaya di Indonesia didominasi penerapan di lahan optimal (hampir 90% lahan yang dimanfaatkan lahan sawah irigasi).
Lahan sub optimal atau lahan yang tidak subur memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda, yang terdiri antara lain :
Lahan Kering
a.      Lahan kering dengan kemiringan 0±15% didominasi oleh tanah podzolik merah kuningotisol/inceptisol. Tanah ini kurang menguntungkan bagi pertanian, karena : berekasi masam, kadar UH rendah, KTK kendah, daya simpan air rendah, struktur&tekstur tanah tidak stabil sehingga mudah erosi.
b.      Masalah yang dihadapi pada lahan kering, yaitu ketersediaan air, kondisi lahan, keterbatasan teknis petani, sarana prasarana, kelembagaan pemerintah terbatas, teknologi pertanian belum berkembang dan lain-lain.
Lahan rawa pasang surut
a.      Kendala pada lahan basah;  pH tanah masam keracunan Fe dan Al, lapisan gambut yang tebal dan belum matang.
b.      Produktivitas tanaman rendah, resiko kegagalan tinggi, tingkat keberlanjutan rendah, tingginya input pupuk kimia dan pestisida, diversitas organisme dan musuh alami serta ketahanan ekosistem lemah.

STRATEGI PEMANFAATAN LAHAN SUB OPTIMAL
Menurut Nageswaran, et al., (2009), diperlukan perubahan paradigma sistem usaha tani yaitu dari paradigma green revolusion ke paradigma evergreen revolution yang pada akhirnya menghasilkan sistem pertanian terpadu (SPT). Green revolution dimana identik dengan pertanian modern yang bercirikan antara lain; orientasinya masih ke produksi (komoditi), tanamannya monokultur,  tergantung pada pupuk dan pestisida sintetis, diversitas ekosistem  rendah, knservasi rendah, bertumpu pada pemodal dan padat modal (capital intensive).
Sedangkan paradigma evergreen revolution identik dengan pertanian ramah lngkungan yang bercirikan antara lain; intergrasi sumber daya yang ada, tanamannya sudah polikultur, pemakaian input luar yang rendah, diversitas ekosistem tinggi, kesetaran (keseimbangan sosial) dan padat tenaga kerja (labor intensive). Konsep pertanian evergreen revolution inilah yang akhirnya melahirkan konsep sistem pertanian terpadu.
Hasil nyata dari konsep sistem pertanian terpadu ini yaitu apa yang sudah diterapkan di sumatera selatan dengan proyeknya Agro Tekno Park (ATP), Petani disana mendapatkan keuntungan 2-5 juta/ha, nilai R/C ratio 1,65. Selama 6 tahun penerapan SPT, produksi jagung meningkat dari 2,1 ton/ha pada tahun ke I menjadi 5,18 ton/ha tahun ke IV dan 5,79 ton/ha pada tahun ke V. Kesuburan tanah, kandungan C-Organik, C/N rasio, hara P dan Ca, sementara kandungan hara N dan K tidak mengalami perubahan.
Daerah lainnya yang menerapkan konsep ini terlihat di daerah pasang surut di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, yang menerapkan sistem pertanian terpadu padi-kedelai-sayur-sayuran dimana produksinya meningkat seperti kedelai 0,45t/ha (13,3%), padi 1,2 t/ha (44,4%), jagung sebesar 1,1 t/ha (26,2%%), kacang panjang sebesar 0,75 t/ha (15%), dan ternak sebesar 37 kg per siklus pemeliharaan.
Begitu juga dengan desa Sangiang, kec Banjaran, Majalengka Jawa Barat yang mana pendapatan petani meningkat hingga 40%, efisiensi penggunaan hijauan makanan ternak    4-5 kali lipat. Dalam waktu 4 bulan, tiap 5 sapi potong menghasilkan 6,6 ton kotoran sapi yang dapat menghasilkan 2,6 ton pupuk kompos kandang matang, yang mampu memenuhi pupuk organik bagi 1 hektar lahan jagung.  Desa Suabak Guama, Marga Tabanan Bali juga menerapkan konsep serupa dan menunjukkan hasil peningkatan yang serupa.
TEKNOLOGI TERAPAN DI LAHAN SUB OPTIMAL
Untuk teknologi yang digunakan harus disesuaikan penggunaannya dengan lahan sub optimal, karena teknologi yang tidak efisien tidak akan bermanfaat bagi masyarakat dan tidak bisa meningkatkan penghasilan para petani. Teknologi yang dianjurkan adalah teknologi yang spesifik lokasi dimana teknologi ini harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat sehingga penggunaannya akan efisien dan tidak mubazir.
Pada tahun-tahun mendatang peningkatan produktivitas tidak hanya diarahkan pada lahan yang optimal (irigasi), tetapi juga pada lahan sub optimal seperti lahan sawah tadah hujan, lahan kering dan lahan rawa lebak/pasang surut. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan teknologinya antara lain :
a.       Lahan sawah beririgasi : peningkatan mutu intensifikasi (PMI) dengan pendekatan PTT melalui penggunaan varietas unggul spesifik (VUS) terbaru, padi hibrida (VUH) dan padi tipe baru (VUTB) yang berdaya hasil tinggi dan bermutu, termasuk pemupukan berimbang dan cara budidaya spesifik lokasi.
b.      Lahan sawah tadah hujan : perbaikan komponen teknologi PTT terutama pola tanam, pengendalian gulma, varietas unggul baru (VUB) sesuai lokasi, pengelolaan hara spesifik lokasi (PHSL) termasuk pemanfaatan bahan organik.
c.       Lahan kering (gogo) : melalui PTT yang mempertimbangkan aspek konservasi lahan, pola tanam, pengelolaan hara spesifik lokasi (PHSL) dan VUB sesuai lokasi.
d.      Lahan rawa pasang surut : melalui PTT dan introduksi varietas padi sesuai  lokasi, sawit dupa/duwit dupa, tata air mikro, konservasi lahan dan PHSL + ameliorasi.
PENUTUP
Pada masa-masa mendatang tantangan kebutuhan pangan di tanah air akan semakin berat. Budaya konsumsi beras yang tidak memudar ditambah lagi cepatnya laju pertambahan penduduk, membuat kita harus mencari solusi alternatif dalam meningkatkan produktivitas pangan di tanah air.
Diperlukan kerjasama antara berbagai pihak yang saling sinergi untuk mengatasi tantangan tersebut. Peran serta peneliti, korporasi, akademika dan masyarakat sangat dibutuhkan pemerintah agar program tersebut berjalan sebagaimana mestinya demi mencapai ketahanan pangan nasional.
*) Staf SDM & Hukum
Divre Sumatera Selatan



No comments:

Post a Comment

komentar